Proyektor overhead
merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri tas sebuah kotak
dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan materi
pengajaran. Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat kua menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh
sebuah lensa khusus, yaitu lensa Fresnel,
melewati sebuah transparan yang ditempatkan di atas landasan tersebut.
Karakteristik media
perlu diketahui oleh seorang guru, dalam upaya menyesuaikannya dengan sifat
atau karakter bahan pelajaran yang disajikan, sehingga proses belajar mengajar
menjadi efektif dan efisien.
Beberapa keterbatasan
media OHP antara lain sebagai berikut :
1. Media
ini memerlukan perangkat keras (hard ware) yang khusus untuk memproyeksikan
pesan yang ada pada transparan. Alat itu adalah OHP (Overhead Projection)
2. Memerlukan
persiapan yang matang dan terncana,
terutama bila dipergunakan teknuk-teknik penyajian yang kompleks
3. Dalam
penggunaanya diperlukan ketrampilan khusus
4. Menuntut
penataan ruang yang baik
5. Menuntut
perhatian untuk menghilangkan distorsi proyeksi
6. Menuntut
cara kerja yang sistematis dan terarah
7. Membutuhkan
ketrampilan menulis pesan ynag baik pada transparan sehingga mudah dicerna oleh
siswa.
Walaupun
ada keterbatasan, media ini juga mempunyai kelebihan yang mungkin tidak
dimiliki oleh jenis media lain, yakni :
1. Praktis,
karena dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas atau ruang
2. Memberi
kemungkinan tatap muka dan mengamati respons dari siswa
3. Memberi
kemungkinan pada siswa untuk memcatat
4. Mempunyai
variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
5. Memungkinkan
penyajian dengan berbagai alternative kombinasi warna
6. Dapat
dipergunakan secara berulang-ulang
7. Dapat
disusun kembali berdasarkan urutan-urutan atau sekuens balajar
8. Dapat
dihentikan pada setiap sekuens belajar yang dikehendaki karena pacing control
sepenuhnya di tangan komunikator
9. Tidak
diperlukan operator pembantu khusus.
Manfaat media overhead projector (OHP) dalam
pengajaran antara lain adalah mempertahankan komunikasi tatap muka sehingga
guru mudah mengontrol siswa selama dia mengajar. mudah dipergunakan dan
praktis, karena dapat dipakai di tempat yang terang, cocok untuk semua ukuran
kelas, mempunyai variasi teknik penyajian yang tidak membosankan serta mudah
sekali dioperasikan oleh seiap pemakai.
Namun
demikian media jenis ini mempunyai kelemahan. Diperlukan ketrampilan menuliskan
pesan yang ringkas dan jelas, dan menuntut penataan ruangan yang baik.
Media slides dan strips sangat berfaedah dipakai dalam pengajaran, karena beberapa
keuntungan yang dimilikinya misalnya dapa membangkitkan motivasi belajar,
merangsang minat siswa dalam meneliti bahan pelajaran lebih jauh. Yang perlu
diperhatikan dalam pemakaian slides dan strips adalah, relevansi materi slides terhadap materi pelajaran, hendaknya dapat
merangsang diskusi dan gambar-gambarnya cukup tajam dan kontras.
sumber : media pengajaran (Dr. Nana Sudjana, Drs. Ahmad Rivai)
sumber : media pengajaran (Dr. Nana Sudjana, Drs. Ahmad Rivai)
0 komentar:
Posting Komentar