Selasa, 12 Juni 2012

Gambar Fotografi Sebagai Media Pengajaran

Gambar fotografi merupakan salah satu media pengajaran yang amat dikenal didalam setiap kegiatan pengajaran. Hal itu disebabkan kesederhanaannya, tanpa memerlukan perlengkapan, dan tidak perlu diproyeksikan untuk mengamatinya.
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari gambar fotografi dalam hubungannya dengan kegiatan pengajaran, antara lain :
1. Mudah dimanfaatkan di dalam kegiatan belajar-mengajar, karena praktis tanpa memerlukan perlengkapan apa-apa
2. Harganya relatif lebih murah daripada jenis-jenis media pengajaran lainya, dan cara memperolehnya pun mudah sekali tanpa perlu mengeluarkan biaya. Dengan memanfaatkan kalender bekas, majalah, surat-kabar dn bahan-bahan grafis lainya.
3. Gambar fotografi bisa dipergunakan dalam banyak hal, untuk berbagai jenjang pengajaran dan berbagai disiplin ilmu. Mulai dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi, dari ilmu-ilmu social sampai ilmu-ilmu eksakta.
4. Gambar fotografi dapat menerjemahkan konsep atau gagasan yang abstrak menjadi lebih realistic.

Sekalipun demikian setiap media pengajaran selalu mempunyai kelemahan-kelemahan tertentu, begitu juga halnya dengan gambar fotografi. Kelemahannya antara lain :
1. Beberapa gambarnya sudah cukup memadai akan tetapi tidak cukup besar ukurannya bila dipergunakan untuk tujuan pengajaran kelompok besar, kecuali bilamana diproyeksikan melalui proyektor.
2.  Gambar fotografi adalah berdimensi dua, sehingga sukar untuk melukiskan bentuk sebenarnya yang berdimensi tiga. Kecuali bilamana dilengkapi dengan beberapa seri gambar untuk objek yang sama atau adegan yang diambil dilakukan dari berbagai sudut pemotretan yang berlainan.
3.  Gambar fotografi bagaimana pun indahnya tetap tidak memperlihatkan  gerak seperti halnya gambar hidup. Namun demikian beberapa gambar fotografi seri yang disusun secara berurutan dapat memberikan kesan gerak dapat saja dicoba, dengan maksud guna meningkatkan daya efektivitas proses belajar mengajar.
Memotret itu adalah menggambar dengan cahaya. Oleh sebab itu perlu diketahui ketiga macam kombinasi variabel yang serasi, yaitu jarak, diafragma, dan kecepatan.
      Karena gambar itu bersifat dua dimensi maka perlu diketahui beberapa karakteristiknya, guna memperoleh keuntungann dalam menefektivitaskan proses belajar mengajar. beberapa karakteristik dari gambar fotografis itu antara lain :
  1. Bersifat dua dimensi, sehingga perlu penambahan dampak tiga dimensional kepada bentuk dan kesan kedalaman yang jelas. 
  2.  Bersifat diam, sehingga amat sesuai untuk mengungkapkan fakta dan peristiwa yang bersifat actual.
  3.  Bersifat rekaman fakta, sehingga cocok sekali untuk tujuan pengajaran yang mengungkapkan rincian fotografis yang memerlukan kecermatan pengamatan atau penelitian 
  4. Bersifat still-life, berkesan hidup, dengan demikian media ini memerlukan sentuhan artistic seperti komposisi, keseimbangan, titik perhatian, perwarnaan serta kualitas teknik yang memadai.


sumber : media pengajaran (Dr. Nana Sudjana, Drs. Ahmad Rivai)

0 komentar:

Posting Komentar