Rabu, 20 Juni 2012

OHP (OverHead Projection)


Proyektor overhead merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri tas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan materi pengajaran. Cahaya yang amat terang dari lampu proyektor amat kua menyorot  dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus, yaitu lensa Fresnel, melewati sebuah transparan yang ditempatkan di atas landasan tersebut.
Karakteristik media perlu diketahui oleh seorang guru, dalam upaya menyesuaikannya dengan sifat atau karakter bahan pelajaran yang disajikan, sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien.
Beberapa keterbatasan media OHP antara lain sebagai berikut :
1.      Media ini memerlukan perangkat keras (hard ware) yang khusus untuk memproyeksikan pesan yang ada pada transparan. Alat itu adalah OHP (Overhead Projection)
2.      Memerlukan persiapan yang  matang dan terncana, terutama bila dipergunakan teknuk-teknik penyajian yang kompleks
3.      Dalam penggunaanya diperlukan ketrampilan khusus
4.      Menuntut penataan ruang yang baik
5.      Menuntut perhatian untuk menghilangkan distorsi proyeksi
6.      Menuntut cara kerja yang sistematis dan terarah
7.      Membutuhkan ketrampilan menulis pesan ynag baik pada transparan sehingga mudah dicerna oleh siswa.
Walaupun ada keterbatasan, media ini juga mempunyai kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis media lain, yakni :
1.      Praktis, karena dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas atau ruang
2.      Memberi kemungkinan tatap muka dan mengamati respons dari siswa
3.      Memberi kemungkinan pada siswa untuk memcatat
4.      Mempunyai variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
5.      Memungkinkan penyajian dengan berbagai alternative kombinasi warna
6.      Dapat dipergunakan secara berulang-ulang
7.      Dapat disusun kembali berdasarkan urutan-urutan atau sekuens balajar
8.      Dapat dihentikan pada setiap sekuens belajar yang dikehendaki karena pacing control sepenuhnya di tangan komunikator
9.      Tidak diperlukan operator pembantu khusus.

Manfaat media overhead projector (OHP) dalam pengajaran antara lain adalah mempertahankan komunikasi tatap muka sehingga guru mudah mengontrol siswa selama dia mengajar. mudah dipergunakan dan praktis, karena dapat dipakai di tempat yang terang, cocok untuk semua ukuran kelas, mempunyai variasi teknik penyajian yang tidak membosankan serta mudah sekali dioperasikan oleh seiap pemakai.
            Namun demikian media jenis ini mempunyai kelemahan. Diperlukan ketrampilan menuliskan pesan yang ringkas dan jelas, dan menuntut penataan ruangan yang baik.
Media slides dan strips sangat berfaedah dipakai dalam pengajaran, karena beberapa keuntungan yang dimilikinya misalnya dapa membangkitkan motivasi belajar, merangsang minat siswa dalam meneliti bahan pelajaran lebih jauh. Yang perlu diperhatikan dalam pemakaian slides  dan  strips adalah, relevansi materi slides  terhadap materi pelajaran, hendaknya dapat merangsang diskusi dan gambar-gambarnya cukup tajam dan kontras. 

sumber : media pengajaran (Dr. Nana Sudjana, Drs. Ahmad Rivai)

0 komentar:

Posting Komentar